People Of The Year 2012 bentuk apresiasi


Tahun penuh kejutan. Rasanya frase ini   layak digunakan untuk melabel tahun   2012. Berbagai peristiwa   menggemparkan datang bergelombang.   Belum usai efek kejut dari suatu   pemberitaan, masyarakat sudah dibuat   tercengang lagi dengan pemberitaan yang   lain. Ranah politik, hukum, sosial,   olahraga, tak terkecuali dunia hiburan.      

Dalam situasi seperti itu,menemukan satu   orang tokoh untuk dijadikan sebagai People of   The Year (POTY) tentu membutuhkan   pemikiran dan pertimbangan matang.Terlebih   sejumlah ciri harus melekat dalam diri seorang   People Of The Year,yakni membawa semangat   pembaruan,mampu memberikan solusi dalam   persoalan kebangsaan sekaligus memiliki   integritas.Pun pertimbangan bahwa tokoh yang   terpilih harus mampu memberikan inspirasi   bagi masyarakat luas juga harus dikedepankan.   

People Of The Year sendiri merupakan acara   tahunan yang digelar harian Seputar Indonesia.   Program ini digelar sebagai bentuk apresiasi   terhadap individu dan lembaga yang memiliki   integritas dan terobosan (breakthrough) baru   selama setahun.   Selama tujuh tahun,SINDO secara konsisten   memberikan penghargaan kepada putra-putri   terbaik di negeri ini.

Bukan hanya   mengandalkan nama besar semata,namun   kami mencari sisi lain dari mereka yang   inspiratif,berani menerobos pakem yang sudah   ada dan memiliki aktivitas yang membawa   pengaruh positif di masyarakat.   Dari tahun ke tahun,pemilihan pemenang   POTY selalu dilakukan dengan melibatkan   masyarakat serta juri yang representatif,   kompeten,dan memiliki kredibilitas yang tidak   diragukan lagi di bidang masing-masing.   

Keterlibatan masyarakat dibakukan melalui partisipasi mereka dalam survei. Nama-nama  nomine yang sudah ditetapkan pada rapat  redaksi sebelumnya diajukan ke publik untuk   melihat siapa saja tokoh yang difavoritkan   menjadi POTY 2012.Ada dua tools yang   digunakanuntuk mengukur penilaian publik   tersebut.Pertama,survei telepon,kedua dengan   polling online yang termuat di situs internet   www.seputar-indonesia.com.   Hasil yang diperoleh berdasarkan survei   bukanlah final.Hasil survei dari kedua tools   tersebut digabungkan.

Tokoh-tokoh yang   memperoleh lima suara terbesar dari   penggabungan itu dibawa ke meja diskusi final   para panel expert untuk kemudian ditentukan   satu orang sebagai POTY 2012.   Dari tahun ke tahun bisa dibilang tahap   penjurian akhir adalah tahap yang paling   menegangkan.

Perdebatan panjang selalu   muncul dalam tahap ini.Masing-masing juri   mengeluarkan argumen untuk memenangkan   "jagoannya".Begitu ketat sehingga hampir   dalam setiap tahap ini,jalan tengah melalui   voting harus diambil.   Menariknya,ada yang berbeda dalam acara   penjurian POTY 2012 yang digelar pada 22   November 2012.

Berbeda dengan tahun-tahun   sebelumnya,tak ada silang pendapat yang   tajam antara masing-masing juri.Panel expert   yang terdiri atas Komaruddin Hidayat (Rektor   UIN),Handi Irawan (pakar marketing),Dinna   Wisnu (Director of Graduate Schools at   Universitas Paramadina),serta Siti Zuhro   (Peneliti Senior LIPI) dalam waktu singkat   langsung menyepakati hasil keputusan.

Mahfud   MD (Ketua MK),meski tidak hadir dalam   penjurian nyatanya juga mengirimkan nama   yang sama dengan pilihan juri lain sebagai   kandidat calon pemenang POTY.Hanya Tony   Prasetiantono (pengamat ekonomi dari UGM )   memberikan pilihan berbeda.Walhasil,   keputusan diraih dengan proses cukup mulus.   

Adalah Faisal Basri yang dipilih para juri   untuk menjadi People Of The Year SINDO tahun   2012.Kesuksesan Faisal dalam bursa pemilihan   Kepala Daerah DKI Jakarta pada Juni 2012   dinilai layak untuk mendapat apresiasi.Tekad   yang kuat serta keberaniannya untuk terus   melaju melalui jalur independen dianggap   mampu memberikan inspirasi sekaligus   pendidikan politik yang baik bagi warga.   

Terlebih saat itu Faisal kerap mendapat cibiran   dari sebagian kalangan yang meragukan   kemampuannya untuk bisa bergabung dengan   kandidat gubernur lain.   Sosok low profile ini nyatanya tak hanya   mampu merebut perhatian juri.

Pria kelahiran   Bandung itu juga telah mendapat tempat di hati   masyarakat.Sebelum memasuki tahap final   (panel expert),telah dilakukan survei yang   melibatkan 1.135 responden.Hasil dari survei   yang diadakan pada 14 Oktober-20 November   2012 itu menempatkan pengamat ekonomi UI   tersebut dalam 5 besar (the big five).   Nama Faisal masuk di urutan ke-4.Di urutan   pertama muncul nama Gubernur Jakarta Joko   Widodo (Jokowi).

Kemudian berturut-turut di   bawahnya ada nama Ketua KPK Abraham   Samad,mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi   Bowo,serta Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaya   Purnama atau Ahok.Bersama empat nama lain   yang menjadi pilihan masyarakat,nama Faisal   turut digodok bersama dalam diskusi final   sampai akhirnya keluar keputusan akhir dari   para juri untuk menjadikannya sebagai   pemenang.   

Selain memberikan penghargaan pada   Faisal Basri,SINDOjuga memberikan   penghargaan khusus kepada beberapa tokoh   lain, yakni Bien Subiantoro,Direktur Utama   BJB,sebagai CEO 2012; Sri Kesih sebagai Social   Enterpreneur 2012; Atilah Soeryadjaya dan   sutradara Matah Ati sebagai Tokoh Perempuan   2012; serta Nurdin Abdullah,Bupati Banteng,   sebagai Kepala Daerah Terbaik 2012.Agnes   Monica juga diganjar dengan penghargaan   Tokoh Muda Terbaik 2012 karena prestasinya   yang luar biasa dalam dunia hiburan di Tanah   Air.   

Tidak ketinggalan PT Djarum turut   mendapat penghargaan dalam kategori khusus   karena kemampuannya untuk bisa bertahan di   tengah kompetisi yang ketat.Selain itu,PT  Djarum menunjukkan kepedulian tinggi pada   dunia pendidikan dan olahraga.Selain itu,PT   Sarana Multigriya Finansial (Persero)   mendapat penghargaan sebagai BUMN yang   mendukung dan mengembangkan pembiayaan   perumahan bagi rakyat yang   berkesinambungan.   

Kemenangan tokoh-tokoh dan lembaga ini   diharapkan dapat memberikan inspirasi   sekaligus membuka cakrawala pemikiran   masyarakat,bahwa negeri ini masih dipenuhi   orang-orang dan institusi yang mampu   membawa optimisme baru bagi bangsa.   Karenanya,SINDO berkomitmen untuk terus   mencari inspirator dan ice breakerdi bumi   pertiwi ini.   wiendy hapsari/wisnu/litbang SINDO         

Download Profil Pemenang

* Faisal Basri  
* Bien Subiantoro   
* Nurdin Abdullah   
* Agnes Monica   
* Sri Kesih
* Atilah Soeryadjaya